Keputihan Akibat Stress

Keputihan adalah satu kondisi yang seringkali dialami oleh wanita. Ada banyak penyebab yang membuat keputihan itu muncul. Namun, biasanya keputihan ini tidak membuat khawatir wanita jika kondisinya masih normal dan tidak menimbulkan bau serta warna yang berbeda. Keputihan akibat stress sering terjadi pada anak remaja maupun wanita dewasa. Stres adalah pemicu dari berbagai kondisi yang tidak menyenangkan pada manusia.

Dari pengalaman puluhan tahun, ada beberapa hal yang harus diketahui oleh anak-anak remaja putri yang banyak mempertanyakan masalah berkaitan dengan keputihan. Yang paling penting adalah keputihan merupakan kondisi normal bagi wanita baik dalam keseharian maupun dalam periode haid.

Contohnya begini, sebelum masa ovulasi atau masa pelepasan sel telur, ada banyak produksi mucus, 30 kali lebih banyak daripada setelah masa ovulasi. Mucus ini lebih berair dan lengket selama masa tersebut. Maka remaja dan wanita lebih baik memakai panty liner selama masa tersebut. Dengan stres, mucus akan lebih banyak lagi diproduksi. Jadi keputihan akibat stres memang bisa terjadi.

Warna keputihan selain bening atau sedikit putih adalah tidak biasa. Jadi bila anda mengalami keputihan dengan warna coklat atau gelap sehari atau dua hari setelah menstruasi maka itu adalah biasa karena keputihan keluar bersama dengan darah tua setelah menstruasi. Untuk tahu keputihan seperti apa yang termasuk kategori normal, perhatikan periode menstruasi Anda selama beberapa bulan ke depan.

Yang harus dikhawatirkan adalah ketika Anda mengalami keputihan dengan warna kuning atau hijau dan berbentuk seperti keju dengan bau yang tidak sedap. Kunjungi dokter segera bila mengalami hal ini. Beberapa jenis keputihan berdasarkan warna dan kondisinya, seperti berikut :

  1. Kuning terang, terjadi sebelum seseorang mendapatkan menstruasi pertama dan termasuk keputihan yang normal.
  2. Putih dan tebal, keputihan seperti ini wajar terjadi sebelum masa periode haid dimulai. Warna keputihan yang putih tidak dibarengi dengan rasa gatal. Jika ada rasa gatal kemungkinan keputihan terinfeksi.
  3. Bening dan cair, terjadi beberapa kali dalam masa periode haid dan menjadi banyak setelah berolahraga.
  4. Kuning tua atau hijau, mengindikasikan adanya infeksi, terutama jika keputihan bertekstur seperti keju.
  5. Coklat, bisa terjadi setelah masa periode haid berakhir. Keputihan ini seperti proses pembersihan vagina setelah menstruasi.

Keputihan akibat stres akan memunculkan warna yang berbeda dengan kondisi gatal dan tidak nyaman di daerah vital wanita. Segera kunjungi dokter untuk perawatan yang lebih baik.