Keputihan pada Wanita Hamil: Penyebab dan Cara Pengobatan Terbaik

Keputihan pada ibu hamil mungkin kedengaran sangat sepele. Keputihan memang tidak menyebabkan efek kesehatan yang serius secara langsung pada penderitanya. Namun beberapa sumber medis menyebutkan bahwa keputihan merupakan gejala penyakit yang lebih serius, terutama penyakit yang berhubungan dengan organ kewanitaan. Pada wanita hamil, keputihan bisa jadi masalah kesehatan yang serius bahkan bisa menyebabkan gangguan kesehatan si calon bayi, atau paling tidak akan membawa pengaruh buruk pada proses kelahiran. Oleh karenanya, apabila anda saat ini menderita keputihan saat hamil, sangat disarankan agar anda mencari pengobatan yang aman dan efektif. Saat ini memang telah banyak cara mengatasi dan mencegah masalah di atas, yang secara garis besar dibedakan menjadi dua: cara alami dan cara medis.

Penyebab Keputihan pada Wanita Hamil

Ada beberapa cara untuk mengatasi masalah kewanitaan tersebut secara efektif dan aman.

  • Cara pertama adalah mempelajari penyebab terjadinya keputihan. Secara umum, keputihan disebabkan oleh jamur candidas atau monilia; apabila anda mengkonsumsi pil KB, kemungkinan keputihan anda disebabkan oleh jamur ini. Penyebab lainnya adalah parasit trichomonas, bakteri gardnella, dan virus (seperti misalnya virus HIV). Jamur, bakteri, dan virus tersebut kemungkinan menyerang atau masuk ke dalam organ kewanitaan lewat beberapa media, seperti organ kewanitaan yang tidak dibersihkan setelah buang air, dudukan kloset, atau pembalut yang tidak sering diganti.
  • Gunakan bahan Alami sebagai cara pengobatan yang aman dan efektif
    Air rebusan daun sirih adalah salah satu alternatif yang bisa Anda terapkan untuk metode pengobatan ini. Disarankan agar setiap anda mencuci daerah kewanitaan anda, anda menggunakan air daun sirih merah sebagai pengganti air mandi biasa. Apabila anda ingin cepat sembuh dari keputihan anda, sebaiknya anda mencuci dengan air sirih setiap habis buang air kecil.
  • Menjaga pola makan merupakan cara berikutnya
    Hindari makanan yang mengandung kadar gula, minyak, dan lemak yang tinggi. Ada beberapa hal lain yang harus anda lakukan, seperti: menjaga badan dan pikiran dari tekanan dan berolah raga secara teratur.

Usaha-usaha tersebut akan menghindarkan anda dari Keputihan pada Wanita Hamil.