Keputihan Saat Hamil Muda

Kehamilan merupakan masa yang ditunggu oleh semua pasangan keluarga yang berbahagia. Baik itu pasangan baru ataupun yang sudah lama menikah, apalagi jika kehamilan tersebut adalah kehamilan pertama. Tentunya banyak sekali kecemasan dan kekhawatiran yang di alami oleh ibu hamil.  Apalagi sampai mengalami keputihan saat hamil muda.

Keputihan adalah kondisi dimana keluarnya cairan dari bagian intim seorang wanita. Semua wanita memang sering mengalami keputihan baik itu pada ibu hamil maupun yang tidak hamil. Pada ibu hamil lebih rentan terkena keputihan terutama pada awal-awal kehamilannya dikarenakan kondisi tubuhnya yang memang mengalami perubahan hormonal sehingga menstimulasi keluarnya cairan dari bagian intim wanita.

Keputihan juga bisa disebabkan bagian dari organ intim wanita yang lembab. Kondisi yang seperti ini juga mampu menyebabkan terjadinya keputihan pada wanita. Pada sebagian besar wanita menganggap masalah keputihan sebagai sebuah masalah biasa atau remeh. Padahal masalah keputihan dapat memberikan efek yang buruk apalagi pada ibu yang sedang hamil.

Keputihan yang tergolong sebagai keputihan yang tidak normal paling mudah mendeteksinya adalah ketika keluarnya cairan disertai dengan rasa gatal dan nyeri. Selain itu, cairan yang biasanya berwarna bening atau jernih berubah menjadi agak pekat kekuning-kuningan atau kehijauan.

Keputihan saat hamil muda  tidak bisa dianggap remeh atau merupakan hal yang sepele. Perlu diketahui bahwa keputihan juga disebabkan oleh adanya infeksi dari jamur. Jika dibiarkan tanpa adanya penanganan yang serius dari penderita maka bisa menyebabkan keguguran dan premature pada bayi.

Kondisi yang seperti itu tentu tidak diinginkan oleh semua ibu yang sedang hamil muda. Apalagi jika anak tersebut adalah anak pertama yang sudah lama dinantikan. Jangan sampai karena kekurangtahuan dan keegoisan ibu, anak menjadi korban. Meskipun terlihat sepele namun masalah keputihan pada ibu hamil mampu memberikan dampak yang buruk.

Keputihan ini adalah kondisi yang sudah lazim bisa terjadi pada semua wanita baik itu ibu hamil maupun tidak. Oleh karena itu, tindakan pencegahan yang bisa dilakukan adalah dengan selalu menjaga kebersihan organ intim wanita. Jika terjadi keputihan pada saat hamil muda hendaknya segera periksa ke dokter atau bidan untuk segera dilakukan pengobatan.