Mengatasi Keputihan Berbau

Selain menyerang bagian dalam vagina, infeksi yang diakibatkan oleh jamur ini juga sering didapati pada sisi luar genital, tepatnya di area vulva. Sebenarnya keputihan termasuk dalam infeksi yang bersifat umum, artinya bisa menyerang hampir setiap wanita. Menurut penelitian, sembilan dari sepuluh orang wanita di dunia dapat dipastikan pernah mengalami masalah ini. Gambaran tersebut menunjukan bahwa keputihan bukanlah hal yang perlu diresahkan. Sebab terkadang ada sebagian orang yang merasa dirinya rendah (minder) akibat mengalami “keanehan” pada area genitalnya. Padahal keputihan tidak mengenal siapapun orangnya, berapapun usianya, latar belakang kehidupannya, pekerjaannya ataupun yang lainnya. Keputihan bisa saja dialami wanita tua ataupun muda, miskin ataupun kaya, sehat ataupun sakit, dan sebagainya.

 

Diperlukan langkah-langkah tepat untuk mengatasi keputihan berbau.

Lalu bagaimana cara mengatasi masalah ini agar tidak menimbulkan masalah yang berlarut-larut? Berikut ini merupakan langkah-langkah mengatasi keputihan berbau tak sedap.

  1. Hindari penggunaan sabun ataupun obat pembersih daerah kewanitaan. Hal ini dikarenakan adanya campuran bahan kimia didalam produk tersebut. Hal ini dapat mengubah tingkat keasaman pada vagina yang kelak akan menimbulkan infeksi seperti keputihan.
  2. Biasakan diri untuk selalu membersihkan bagian luar vagina dengan menggunakan lap bersih atau tisu usai buang air kecil untuk mencegah timbulnya jamur akibat kelembaban.
  3. Usahakan untuk tidak memakai celana ketat. Lebih baik gunakan celana yang sedikit longgar dari ukuran pinggang Anda agar sirkulasi udara berjalan dengan baik. Pilihlah celana yang berbahan katun agar lebih nyaman.
  4. Mengurangi kebiasaan mengkonsumsi makanan ataupun minuman yang banyak mengandung banyak gula dan lemak jenuh. Hindari meminum minuman yang mengandung alkohol karena dapat menyebabkan pertumbuhan jumlah jamur candida sp. Selain di daerah genital, jenis jamur ini juga banyak ditemukan di dalam mulut, kerongkongan, serta usus.
  5. Biasakan diri untuk mencuci daerah kewanitaan secara merata (dengan urutan dari depan ke belakang). Hal ini dimaksudkan untuk mencegah masuknya bakteri dan kuman penyakit yang berasal dari anus.
  6. Usahakan banyak minum susu yang teruji banyak mengandung bakteri baik dan bertugas menjaga keseimbangan jumlah bakteri candida di dalam organ kewanitaan.
  7. Perbanyak mengkonsumsi bawang putih. Konon tanaman ini dipercaya mengandung beberapa jenis jamur alami yang dapat mengatasi keputihan berbau.
  8. Hindari menggunakan pembalut ataupun pantyliner yang beraroma tajam (ada beberapa produk yang menggunakan pewangi kimiawi) yang dapat menyebabkan iritasi pada daerah kewanitaan Anda.