Mengatasi Keputihan Secara Alami

Keputihan kerap dialami para perempuan,  baik berstatus lajang ataupun sudah menikah. Ibu rumah tangga, wanita karir, karyawan, bos, mahasisiwi , setidaknya satu kali dalam sebulan  akan mengeluhkan gangguan ini. Mereka yang belum memiliki pasangan biasanya mengalami keputihan secara wajar misalnya saja menjelang menstruasi, walaupun cukup menimbulkan masalah karena ketidaknyamanan,  keputihan jenis ini tidak perlu dikhawatirkan sebagai indikasi adanya penyakit serius di dalam rahim. Berbeda dengan perempuan yang sudah menikah, selain  keputihan lebih sering  dan banyak dirasakan  karena penggunanaan alat kontrasepsi, baik yang dikonsumsi secara oral hingga IUD. Keputihan juga bisa menjadi indicator adanya kista, miom bahkan kanker, terutama apabila keputihan yang keluar menimbulkan bau menyengat (tidak sedap). Berbagai carapun dilakukan untuk menyembuhkan derita ini, mulai dari menggunakan obat-obatan yang dijual bebas hingga mengeluarkan banyak uang untuk berkonsultasi dengan dokter.

Penggunaan obat bebas  sangat riskan apabila tidak disertai kecermatan membaca petunjuknya mengenai dosis pemakaian dan jenis keputihannya. Oleh sebab itu banyak perempuan yang kemudian merasa aman  mengatasi keputihannya secara alami. Yaitu dengan merunut kemungkinan-kemungkinan yang membuatnya mengalami penyakit ini.  Seperti mengurangi aktifitas (bekerja terlalu keras atau mengangkat beban melebihi kapasitas) jika kemudian kelelahan disimpulkan sebagai penyebabnya. Memenejemen  emosi sehingga terhindar dari stress, karena bagaimanapun, stress, pada banyak kasus diyakini sebagai pemicu yang terkadang  tidak terlalu diperhatikan oleh banyak perempuan.

Cara lainnya mengatasi keputihan secara alami juga diwariskan nenek moyang kita, yaitu menggunakan daun sirih. Daun sirih dianjurkan pula oleh dokter karena sudah teruji kemampuannya untuk menangani masalah ini. Paling tidak bisa mengurangi  gatal dan bau. Daun sirih ini biasanya direbus sebanyak kurang lebih sepuluh lembar dan dipakai b dalam keadaan hangat-hangat kuku setelah berkemih. Boleh dilakukan berulang-ulang sampai efeknya dirasakan betul oleh si penderita.

Daun tapak liman adalah tumbuhan yang juga dipercaya mengatasi keputihan secara alami. Caranya sama yaitu dengan mencucinya terlebih dahulu hingga bersih, lalu rebus dan minumlah secara teratur setiap pagi dan sore hari. Apabila kedua kegiatan ini dilakukan, yaitu berkemih dengan daun sirih dan meminum air daun tapak liman, keputihan yang diakibatkan jamur biasanya lebih cepat teratasi. Tetapi jika bau tidak juga hilang dan keputihan berubah warna kehijauan atau coklat seperti darah, itu mungkin keputihan yang diakibatkan virus tertentu dan bias jadi sanagt berbahaya. Segeralah kunjungi dokter anda.