Obat Keputihan untuk Ibu Menyusui

Keputihan adalah gangguan kesehatan yang terjadi saat cairan yang keluar dari vagina dinilai tidak normal. Cairan yang biasanya bening dan tak berbau itu menjadi berubah warna dan mengeluarkan aroma yang tidak sedap. Keluhan yang sangat mengganggu gara-gara keputihan adalah rasa gatal.

Perubahan hormon di dalam tubuh seorang wanita yang terjadi saat hamil dan menyusui kerap menjadi salah satu penyebab jamur lebih mudah berkembangbiak. Akibatnya muncul gangguan kesehatan keputihan. Yang lebih tidak enak lagi dalam kondisi menyusui seorang ibu harus lebih berhati-hati memilih obat yang harus dikonsumsinya. Jangan sampai obat yang dimaksudkan untuk menyembuhkan gangguan kesehatan yang dialami ibu, akan mengalir melalui air susu dan menyebabkan gangguan pada perkembangan atau kesehatan anak yang sedang disusuinya. Jadi untuk meminimalkan efek negatif, sebaiknya berkonsultasi dengan dokter untuk memilih obat keputihan untuk ibu menyusui.

Namun bila gejala keputihan tersebut dirasakan tidak terlalu parah tentu ibu bisa memilih pengobatan luar yang punya efek samping negatif lebih kecil daripada obat-obatan yang diminum.

Salah satu resep herbal yang telah digunakan secara turun-temurun adalah menggunakan rebusan daun sirih hangat sebagai cebokan. Rasa hangat dari larutan cebokan akan membantu menghilangkan rasa gatal akibat keputihan. Sedangkan sirih sudah dikenal memiliki fungsi antiseptis, hingga bisa membantu membuat organ intim lebih bersih.

Menggunakan terapi ratus juga bisa dijadikan salah satu alternatif pengobatan herbal untuk keputihan. Cara terapi ini cukup mudah, yaitu dengan menggunakan uap rebusan berbagai rempah-rempah untuk menguapi daerah organ intim. Herbal untuk ratus ini tersedia dalam paket yang bisa dengan mudah dibeli di berbagai toko-toko penjual obat herbal. Tempatkan ramuan herbal tersebut di wadah lalu seduh dengan air panas. Duduklah di bangku kecil dan letakkan wadah di bagian bawah bangku. Biarkan uap rempah-rempah tersebut menghangati daerah di sekitar organ intim. Proses penguapan dilakukan selama beberapa menit.

Menggunakan herbal sebagai obat keputihan untuk ibu menyusui bisa dilakukan sebagai alternatif pengobatan yang aman.