Penyebab Keputihan dan Cara Mengatasinya

Keputihan adalah hal yang wajar untuk terjadi. Karena keputihan ini hampir dialami oleh kebanyakan wanita. Keputihan terjadi jika si wanita mengeluarkan lendir yang berwarna putih bening, sifatnya encer dan juga tak berbau. Namun memang keputihan terkadang menyebabkan rasa tidak nyaman bagi si wanita. Untuk itu haruslah segera dicari mengenai penyebab keputihan dan cara mengatasinya.

Mengetahui apa penyebab keputihan dan cara mengatasinya adalah sebuah hal yang penting dilakukan oleh si wanita. Karena terkadang keputihan yang terjadi merupakan suatu tanda akan hal lain yang lebih akut terjadi pada diri si wanita walaupun memang kebanyakan keputihan masih termasuk dalam hal yang normal.

Berikut adalah beberapa penyebab keputihan yang sering terjadi:

  1. Infeksi Jamur Monilla atau candidas
    Keputihan yang berwarna putih susu, kental dan sangat bau serta disertai rasa gatal adalah ciri dari infeksi jamur ini.
  2. Parasit Trichomonas Vaginalis
    Parasit ini bisa menular melalui hubungan suami istri, bibir kloset ataupun peralatan mandi. Keputihan ini mengeluarkan lendir berwana keabuan, sedikit encer, berbau dan menyebabkan gatal.
  3. Bakteri Gardnella
    Ciri yang disebabkan oleh bakteri ini hampri sama dengan yang disebabkan oleh parasit yaitu berwarna keabuan, cairannya sedikit encer dan berbau serta gatal.
  4. Virus
    Banyak virus yang menyebabkan keputihan, seperti virus HIV, herpes atau penyakit kelamin lain.
  5. Kondisi wanita
    Selain hal diatas, kondisi dari si wanita juga dapat menyebabkan terjadinya keputihan. Misalnya si wanita sedang mengalami stres berat ataupun juga sedang mengkonsumsi obat untuk komtrasepsi.

Untuk mengatasi keputihan ini dapat dilakukan cara sebagai berikut:

  1. Menjaga kebersihan organ kewanitaan
    Misalnya dengan selalu menganti celana dalam dengan rutin ataupun juga pembalut dengan lebih sering di kala menstruasi. Juga membersihkan tangan sebelum membasuh organ vital.
  2. Tidak berlebihan menggunakan sabuin pencuci organ vital
    Karena jika hal ini dilakukan maka akan mengikis bakteri baik di sana sehingga akan semakin menumbuhkan bakteri jahat. Memang tidak disarankan untuk menggunakan sabun pembersih ini secara berlebihan.
  3. Setia pada pasangan
    Tidak gonta-ganti pasangan akan sangat meminimalkan terjadinya penularan virus penyakit kelamin yang berbahaya. Untuk itu setialah pada pasangan!

Itulah beberapa penyebab keputihan dan cara mengatasinya. Semoga bermanfaat!