Penyebab Keputihan Gatal

Penyebab Keputihan Gatal adalah hal pertama yang harus anda ketahui dan pelajari, ketika anda menderita keputihan. Keputihan merupakan penyakit yang umum diderita wanita usia dewasa, yang sedang mengandung maupun sedang tidak mengandung. Dikatakan bahwa hampir 90% dari wanita pernah menderita gangguan organ kewanitaan ini. Walaupun tidak menyebabkan gangguan kesehatan serius, penanganan yang tepat harus cepat dilakukan agar keputihan tidak bertambah parah. Langkah pertama dalam mengobati penyakit ini adalah mengetahui beberapa hal penting tentang keputihan, terutama hal-hal yang memicu terjadinya masalah ini, apalagi jika keputihan yang diderita adalah jenis keputihan yang gatal. Dengan mengetahui dan mempelajari pemicu atau penyebabnya, anda bisa mengevaluasi gaya hidup dan kebersihan anda. Selain itu, hal ini juga bisa membantu anda untuk menentukan pengobatan apa yang harus anda coba dan aplikasikan.

Berikut ini beberapa penyebab keputihan gatal secara umum yang perlu Anda ketahui:

1. Bakteri dan Jamur
Keputihan umumnya disebabkan oleh jamur yang bernama Candida Albicans. Karena sifatnya yang parasit, jamur ini cenderung menimbulkan rasa gatal di sekitar daerah kewanitaan. Selain itu, jamur ini juga menimbulkan cairan keputihan dengan bau yang khas; cairan inilah yang menjadi ciri-ciri umum keputihan, baik yang gatal maupun yang tidak. Selain jamur, bakteri juga menjadi pemicu utama keputihan. Nama bakteri ini adalah gardnerella, dan keputihan yang disebabkan bakteri ini bernama bacterial vaginosis. Apabila jumlahnya banyak, dan cukup lama, bakteri ini bisa menyebabkan keputihan berlanjut menjadi penyakit yang lebih serius.

2. Virus dan parasit
Keputihan yang disebabkan oleh virus biasanya bawaan dari penyakit kelamin seperti HIV, raja singa, ataupun akibat dari gonta ganti pasangan.

3. Tidak Menjaga Kebersihan
Anda juga harus mengetahui beberapa hal penyebab timbulnya berbagai jamur dan bakteri di atas. Wanita yang kurang atau tidak menjaga kebersihan organ kewanitaan mereka sangat riskan untuk mengalami keputihan. Setelah buang air kecil atau air besar, biasakanlah membasuh organ kewanitaan dengan baik dan benar yaitu dari arah depan ke belakang agar bakteri maupun kotoran dari anus tidak terbawa dan masuk ke daerah vagina. Kebiasaan menjaga kebersihan organ kewanitaan dan membasuhnya dengan air rebusan daun sirih dapat Anda terapkan untuk mencegah datangnya Penyebab Keputihan Gatal.