Tips Mengatasi Keputihan Ibu Hamil

Mengatasi keputihan Ibu hamil penting dilakukan agar kesehatan janin juga terjaga dengan baik. Ibu hamil harus berhati-hati memilih obat maupun upaya lainnya yang berfungsi untuk mengatasi keputihan jika terjadi padanya. Kondisi janin pada masing-masing Ibu hamil juga memiliki kondisi yang berbeda dalam hal ketahanannya dalam melindungi diri dari serangan penyakit atau infeksi lainnya yang dialami oleh ibunya.

 

Keputihan Pada Ibu Hamil

Ibu hamil harus rajin dan hati-hati menjaga janinnya. Hal tersebut harus dilakukan mulai dari trimester pertama, trimester kedua serta trimester ketiga. Dapat dikatakan, selama janin belum dilahirkan, ia harus dijaga dan dirawat dengan sebaik-baiknya. Begitu pula setelah janin tersebut lahir sebagai bayi di dunia ini.

Ketika hamil, wanita juga dapat mengalami masalah organ dalam tubuh, misalnya saja keputihan. Karenanya, wanita juga harus menyiapkan diri sejak dini, mulai dari gejala keputihan maupun mengatasi keputihan Ibu hamil sejak dini. Keputihan dimungkinkan dapat menular pada janin ketika proses persalinan normal. Saat keputihan dialami oleh Ibu hamil dan menular kepada janin, maka Ibu akan merasa sakit saat menyusui.

 

Gejala Dan Cara Aman Atasi Keputihan Ibu Hamil

Berikut ini gejala terjadinya keputihan pada Ibu hamil, diantaranya.

  • Timbul rasa panas ataupun gatal, nyeri dan kemerahan di sekitar vagina.
  • Ketika buang air kecil terasa sakit, begitu pula ketika berhubungan seks.

Selain mengetahui gejala tersebut, hal penting lainnya yaitu cara aman untuk mengatasi keputihan pada Ibu hamil. Adapun cara aman tersebut diantaranya.

  • Untuk meringankan gejala di daerah vagina, Anda dapat menggunakan kompres es.
  • Jangan menggunakan air hangat dan panas untuk berendam ketika mandi.
  • Menggunakan sabun tanpa parfum maupun celana dalam yang bahannya dari katun. Pakaian juga harus longgar dan dapat menyerap keringat.
  • Melakukan konsultasi dengan dokter sebelum membeli obat ataupun menggunakannya.
  • Menjaga kebersihan diri, baik organ dalam maupun luar.

Ibu hamil mengalami kondisi yang berbeda-beda dengan kehamilannya. Wajar saja jika harus melakukan konsultasi dengan dokter ahlinya. Pada Ibu hamil terjadi perubahan hormon dan tubuh yang menjadikannya hati-hati ketika melakukan aktivitas.

Meski mengetahui gejala maupun cara aman untuk mengatasi keputihan pada Ibu yang sedang hamil, tapi hal utama yang harus dilakukan adalah mempersiapkan diri sebelum masa kehamilan tiba. Biasanya persiapan sejak dini jauh lebih baik daripada tidak dilakukan sama sekali. Demikian mengenai cara mengatasi keputihan Ibu hamil.