Tips Mengatasi Keputihan yang Berlebih

Keputihan merupakan hal yang sering menjengkelkan bagi kaum wanita. Meskipun tidak terlalu berbahaya, namun penyakit ini cukup mengganggu. Selain kesan yang kurang bagus seperti kurang menjaga kebersihan bagi pengidapnya, bau yang ditimbulkannya pun dapat mengurangi rasa kepercayaan diri. Ditambah lagi bagi wanita yang sudah bersuami, keputihan dapat mengurangi gairah untuk berhubungan seksual. Berikut adalah tips mengatasi keputihan yang berlebih.

Pertama, Anda harus lebih sering membersihkan organ kewanitaan Anda. Namun membersihkannya jangan menggunakan air yang sudah berada di dalam bak atau ember. Gunakan air mengalir yang langsung keluar dari keran. Hal ini dilakukan untuk mengurangi penularan mikroorganisme penyebab keputihan, yaitu candida albicans melalui air. Setelah membersihkan organ intim, selalu mengeringkannya dengan tissue yang bersih. Kelembapan merupakan pemicu utama penularan jamur penyebab keputihan karena jamur berkembang biak pada kondisi kelembapan tinggi. Kemudian sebaiknya selalu mengenakan pakaian dalam yang terbuat dari bahan katun karena katun menyerap kelembapan. Pakaian dalam dari bahan nilon, sutera dan satin kurang bagus karena justru akan menjebak udara lembap dan mengurangi aliran udara di seputar area organ intim wanita.

Tips mengatasi keputihan yang berlebih selanjutnya adalah memperbanyak konsumsi buah dan sayuran. Buah dan sayur mengandung banyak vitamin dan mineral yang dibutuhkan tubuh terutama dalam proses pembentukan sel darah putih yang berperan penting di dalam sistem kekebalan dalam rangka mengatasi infeksi jamur. Konsumsi buah dan sayur dapat dilakukan dengan membuat jus buah atau bisa pula dimakan langsung. Sedangkan untuk sayuran, sebaiknya dikonsumsi dalam bentuk sayur olahan, namun proses pengolahannya harus tepat tidak terlalu matang sehingga komponen vitamin tidak rusak ataupun hilang.

Asupan gizi yang tepat dan konsumsi protein juga perlu untuk meningkatkan daya tahan tubuh. Penggunaan antibiotik yang tidak tepat justru sebaiknya dihindari karena terkadang justru menimbulkan resistensi terhadap mikroorganisme tertentu yang justru menimbulkan dampak yang kurang baik bagi kesehatan tubuh. Mengurangi stress dan istirahat teratur akan mempercepat penyembuhan infeksi jamur kandida ini. Demikian tips mengatasi keputihan yang berlebih. Semoga dapat dipraktekkan dan memberikan manfaat.